Cara Memasang GPS Tracker Motor Dengan Mudah

Cara Memasang GPS Tracker Motor Dengan Mudah

Cara Memasang GPS Tracker Motor Dengan Mudah

Pencurian motor masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tingginya angka pencurian kendaraan bermotor membuat pemilik kendaraan mencari jalan untuk melindungi kendaraannya tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang GPS tracker motor. Cara ini dianggap cukup efektif karena dapat memberikan perlindungan ekstra pada kendaraan.

Perangkat GPS biasanya terhubung dengan pemancar sinyal GSM sehingga mudah untuk dilacak menggunakan ponsel pintar maupun perangkat komputer. Kini tersedia berbagai jenis GPS dengan fitur yang menarik. Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, Anda perlu memasang GPS pada motor. Pemasangan alat ini membutuhkan kesabaran meskipun tidak terlalu sulit.

cara pasang gps motor
cara pasang gps motor yang aman tidak merusak kendaraan mobil atau motor anda

Pemasangan GPS Tracker Motor Dengan Tepat

Untuk bisa memassng GPS pada motor, Anda perlu mengetahui cara serta langkah yang tepat. Kesalahan dalam pemasangan bisa mengakibatkan rusaknya alat GPS maupun perangkat yang gagal berfungsi. Dampak terburuknya, motor Anda bisa menjadi korban akibat kesalahan tersebut. Jika Anda berniat untuk memasang GPS tanpa bantuan teknisi, berikut ini adalah cara pemasangan yang benar.

  1. Persiapkan alat dan bahan

Sebelum memulai pemasangan, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain GPS, microphone, relay plus socket dan kabel power. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah gunting, tang, tespen, isolasi dan obeng. Setelah semua alat dan bahan tersedia, Anda bisa melakukan pemasangan dengan baik.

  1. Daftarkan kartu sim

GPS membutuhkan chip GSM yang nantinya berfungsi untuk menangkap sinyal. Sebelum menggunakan kartu sim, pastikan Anda telah mendaftarkannya sesuai dengan provider kartu tersebut. SIM yang bisa Anda gunakan sama dengan SIM yang biasa dipakai pada ponsel pintar. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilik kartu SIM dengan jaringan sinyal yang luas dan stabil.

  1. Pemasangan sim

Setelah didaftarkan, pasang chip sim pada alat GPS. Pastikan GPS dalam kondisi mati ketika memasang chip GMS tersebut. Setelah pemasangan, Anda bisa mencoba untuk menghidupkan perangkat GPS. Periksa apakah GPS dapat menangkap sinyal dari provider kartu tanpa masalah. Untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat, disarankan untuk menghadapkan stiker hologram GPS ke tanah.

  1. Pemasangan GPS pada motor

Cara memasang GPS mungkin berbeda satu dengan lainnya. Jika tersedia buku panduan, disarankan untuk mengikuti buku panduan tersebut. Apabila tidak, Anda bisa memasang dengan cara berikut. Ambil 2 kabel pada perangkat GPS. Sambungkan kabel minus GPS pada kabel minus aki. Sambungkan juga kabel plus GPS pada kabel plus aki.

Mengenai lokasi pemasangan, Anda tidak perlu meletakkan GPS dekat dengan aki. Penting untuk menyembunyikan perangkat GPS ini agar tidak mudah diketahui oleh pencuri. Meskipun terletak tersembunyi, Anda tetap dapat menghubungkannya dengan kabel aki, yaitu dengan memilih kabel yang terhubung pada aki.

Penting untuk diperhatikan, tidak perlu memberitahukan lokasi pemasangan GPS pada motor Anda, bahkan pada teman dekat sekalipun. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Selain itu, perlu juga dilakukan pengecekan rutin untuk memastikan perangkat GPS masih terpasang di tempatnya atau tidak, terutama jika Anda memiliki bisnis persewaan motor.

  1. Percobaan

Untuk memastikan bahwa perangkat GPS dapat bekerja dengan baik, Anda bisa melakukan percobaan sederhana. Bawa motor tersebut ke lokasi tertentu kemudian lacak menggunakan ponsel Anda. Apabila GPS mengirimkan koordinat lokasi yang tepat, bisa dikatakan bahwa GPS tersebut dapat berfungsi dengan baik ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah memasang GPS, Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Sangat disarankan untuk melakukan perawatan pada perangkat meskipun hanya sekedar membersihkan atau mengecek sambungan kabel dengan aki. Tidak ada salahnya juga ketika Anda sesekali mengecek lokasi motor melalui perangkat ponsel untuk memastikan GPS masih berfungsi dengan baik.

Dengan mengetahui cara memasang GPS tracker motor dengan tepat, Anda dapat melakukan pemasangan sendiri tanpa bantuan teknisi. Secara keseluruhan, GPS merupakan perangkat yang seharusnya dimiliki oleh setiap kendaraan. Tidak hanya mobil, tetapi juga motor karena kenyataannya pencurian motor lebih sering terjadi daripada pencurian mobil. Lindungi motor Anda mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klien GPS Bekasi